Langsung ke konten utama

RPP~Discovery Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      :  SD
Kelas / Semester          :  4 (Empat) /1 (Ganjil)
Materi                          :  Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia
Alokasi waktu             :  2 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI

1.             Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.             Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.             Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.             Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan

C.    TUJUAN
Dengan mengamati video pembelajaran dari rumah belajar lalu menggunakan metode discovery inquiry  siswa mampu mengetahui fungsi tumbuhan bagi manusia:
   
D.    MATERI
 Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia

E.     PENDEKATAN & METODE
Discovery Inquiry
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal  (10 menit)
1.      Pelajaran dibuka dengan guru memberi salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik berdoa dipimpin oleh salah satu siswa
2.      Guru menerima peserta didik dan mengisi lembar undangan.
3.      Mengondisikan peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan membuka kerapihan, kebersihan, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
4.      Guru bersama siswa menyanyikan lagu nasional "Satu Nusa Satu Bangsa"
5.      Siswa membaca 1 buku yang ada di pojok baca selama 10 menit (membudayakan literasi)
6.      Siswa mengingat kembali tentang materi pada pembelajaran sebelumnya.
7.      Tujuan penyelesaian pembelajaran akan menjelaskan tentang membahas fungsi tumbuhan bagi manusia.


Kegiatan Inti
Langkah 1: Stimulasi - 10 menit
·         Dengan bekerja sama peserta didik berdiskusi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia sebelumnya siswa terlebih dahulu menonton video yang diportal rumah belajar:
·         Peserta didik mengidentifikasi apa saja fungsi tumbuhan bagi manusia
·         Guru menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi masalah utama apa dalam mempelajari tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·         Peserta didik mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasika n oleh guru mengenai  fungsi tumbuhan bagi manusia dengan teliti
·         Peserta didik membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia.
·         Peserta didik mendiskusikan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan demokratis
Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pada pembelajaran fungsi tumbuhan bagi manusia


Langkah 2: Identifikasi Masalah - 10 menit
·         Dengan bekerja sama peserta didik berdiskusi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·         Peserta didik mengidentifikasi apa saja fungsi tumbuhan bagi manusia
·         Guru menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi masalah utama apa dalam mempersiapkan  pembelajaran tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·         Peserta didik mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasikan oleh guru mengenai  fungsi tumbuhan bagi manusia dengan teliti
·         Peserta didik membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia.
·         Peserta didik mendiskusikan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan demokratis
Berdasarkan hasil membaca buku, menonton video pembelajaran dari rumah belajar dan diskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pada fungsi tumbuhan bagi manusia.


Langkah 3: Pengumpulan Informasi - 10
·         Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia.
·         Peserta didik menggali informasi melalui membaca buku dan mencari informasi di internet tentang fungsi tumbuhan bagi manusia.
·         Peserta didik mendiskusikan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan demokratis.
·         Peserta didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan dengan fungsi tumbuhan bagi manusia dengan demokratis
·         Guru meminta peserta didik untuk mencoba berbagai presentase mengenai fungsi tumbuhan bagi manusia sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·         Peserta didik mencoba berbagai presentase fungsi tumbuhan bagi manusia sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis


Langkah 4: Pengolahan Informasi - 10
·         Guru menugaskan peserta didik untuk menilai hasil kerja.
·         Peserta didik menilai hasil dari penugasan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·         Peserta didik menilai hasil fungsi tumbuhan bagi manusia dengan  menggunakan format penilaian dengan objektif


Langkah 5: Verifikasi Hasil - 10
·         Guru menugaskan peserta didik untuk menyajikan hasil penugasan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia.
·         Peserta didik membuat bahan presentasi tentang presentase fungsi tumbuhan bagi manusia.
·         Peserta didik menyajikan presentasi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan percaya diri dan komunikatif
·         Peserta didik lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan.


Langkah 6: Generalisasi - 10
·         Peserta didik lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan.


Kegiatan Penutup - 10
·         Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan refleksi
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai tugas / PR yang berkaitan dengan materi yang telah dibahas.
·         Guru mengimformasikan materi pembelajaran untuk selanjutnya.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memimpin berdoa

G. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
1. LCD dan laptop 2. Slide powerpoint 3. Kertas karton 4. Alat mewarna


G.    Sumber Belajar

1. Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas VI, Cetakan Ke-2 (edisi Revisi 2018), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2018. 2. Sumber Belajar a. Video youtube: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/deeaa19f3143412dba903faef11b5e89

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Flipped Classroom Kelas IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan      :   SD Kelas / Semester          :   4 (Empat) /1 (Ganjil) Materi                           :   Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia Alokasi waktu              :   2 x 35 menit A.     KOMPETENSI INTI 1.              Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 2.              Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya 3.              Memahami p...