RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 4 (Empat) /1 (Ganjil)
Materi : Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk
dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan 4.1 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
C. TUJUAN
Dengan mengamati video pembelajaran dari rumah belajar lalu menggunakan
metode discovery inquiry siswa mampu mengetahui fungsi tumbuhan bagi
manusia:
D.
MATERI
Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia
E.
PENDEKATAN & METODE
Discovery Inquiry
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal (10 menit)
1. Pelajaran dibuka dengan guru memberi
salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik berdoa dipimpin oleh salah satu
siswa
2. Guru menerima peserta didik dan
mengisi lembar undangan.
3. Mengondisikan peserta didik sebelum
memulai kegiatan pembelajaran dengan membuka kerapihan, kebersihan, posisi dan
tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
4. Guru bersama siswa menyanyikan lagu
nasional "Satu Nusa Satu Bangsa"
5. Siswa membaca 1 buku yang ada di
pojok baca selama 10 menit (membudayakan literasi)
6. Siswa mengingat kembali tentang
materi pada pembelajaran sebelumnya.
7. Tujuan penyelesaian pembelajaran
akan menjelaskan tentang membahas fungsi tumbuhan bagi manusia.
Kegiatan Inti
Langkah 1: Stimulasi - 10 menit
·
Dengan
bekerja sama peserta
didik berdiskusi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia sebelumnya siswa terlebih dahulu menonton video yang diportal rumah belajar:
·
Peserta
didik mengidentifikasi apa saja fungsi tumbuhan bagi manusia
·
Guru
menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi masalah utama apa
dalam mempelajari tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·
Peserta
didik mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasika n
oleh guru mengenai fungsi tumbuhan bagi manusia dengan teliti
·
Peserta
didik membaca
buku untuk
mendapatkan informasi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia.
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan demokratis
Berdasarkan hasil membaca buku dan
diskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus
diperhatikan pada pembelajaran fungsi tumbuhan bagi manusia
Langkah 2: Identifikasi Masalah - 10 menit
·
Dengan
bekerja sama peserta
didik berdiskusi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·
Peserta
didik mengidentifikasi apa saja fungsi tumbuhan bagi manusia
·
Guru
menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi masalah utama apa
dalam mempersiapkan pembelajaran tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·
Peserta
didik mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasikan
oleh guru mengenai fungsi tumbuhan bagi manusia dengan teliti
·
Peserta
didik membaca
buku untuk
mendapatkan informasi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia.
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan demokratis
Berdasarkan hasil membaca buku, menonton video
pembelajaran dari rumah belajar dan diskusi peserta didik merumuskan hal-hal
apa saja yang harus diperhatikan pada fungsi tumbuhan bagi manusia.
Langkah 3: Pengumpulan Informasi - 10
·
Guru
meminta peserta didik untuk mencari informasi tentang fungsi tumbuhan
bagi manusia.
·
Peserta
didik menggali informasi melalui membaca buku dan mencari informasi di internet tentang fungsi tumbuhan bagi
manusia.
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan demokratis.
·
Peserta
didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan dengan fungsi tumbuhan bagi
manusia
dengan demokratis
·
Guru
meminta peserta didik untuk mencoba berbagai presentase mengenai fungsi
tumbuhan bagi manusia sebagai pembuktian rumusan
masalah/hipotesis
·
Peserta didik mencoba berbagai presentase fungsi tumbuhan bagi manusia sebagai pembuktian rumusan
masalah/hipotesis
Langkah 4: Pengolahan Informasi - 10
·
Guru
menugaskan peserta didik untuk menilai hasil kerja.
·
Peserta
didik menilai hasil dari penugasan tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
·
Peserta
didik menilai hasil fungsi tumbuhan bagi manusia dengan menggunakan format penilaian dengan
objektif
Langkah 5: Verifikasi Hasil - 10
·
Guru
menugaskan peserta didik untuk menyajikan hasil penugasan tentang fungsi tumbuhan bagi
manusia.
·
Peserta
didik membuat bahan presentasi tentang presentase fungsi tumbuhan bagi
manusia.
·
Peserta
didik menyajikan presentasi tentang fungsi tumbuhan bagi
manusia dengan percaya diri dan komunikatif
·
Peserta
didik lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat
simpulan.
Langkah 6: Generalisasi - 10
·
Peserta
didik lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat
simpulan.
Kegiatan Penutup - 10
·
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan refleksi
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai tugas / PR yang berkaitan dengan
materi yang telah dibahas.
·
Guru mengimformasikan materi pembelajaran untuk selanjutnya.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap
belajar dan memimpin berdoa
G. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
1. LCD dan laptop 2. Slide powerpoint 3. Kertas karton 4. Alat mewarna
G.
Sumber Belajar
1. Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas
VI, Cetakan Ke-2 (edisi Revisi 2018), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Jakarta: 2018. 2. Sumber Belajar
a. Video youtube: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/deeaa19f3143412dba903faef11b5e89
Komentar
Posting Komentar