RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 4 (Empat) /1 (Ganjil)
Materi : Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk
dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan 4.1 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
C. TUJUAN
Dengan mengamati video pembelajarana dari rumah belajar siswa mampu
mengetahui fungsi tumbuhan bagi manusia:
D.
MATERI
Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia
E.
PENDEKATAN & METODE
Flipped classroom
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal (10 menit)
1. Pelajaran dibuka dengan guru memberi
salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik berdoa dipimpin oleh salah satu
siswa
2. Guru menerima peserta didik dan
mengisi lembar undangan.
3. Mengondisikan peserta didik sebelum
memulai kegiatan pembelajaran dengan membuka kerapihan, kebersihan, posisi dan
tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
4. Guru bersama siswa menyanyikan lagu
nasional "Satu Nusa Satu Bangsa"
5. Siswa membaca 1 buku yang ada di
pojok baca selama 10 menit (membudayakan literasi)
6. Siswa mengingat kembali tentang
materi pada pembelajaran sebelumnya.
7. Tujuan penyelesaian pembelajaran
akan menjelaskan tentang membahas fungsi tumbuhan bagi manusia.
Kegiatan Inti
Langkah 1: Persiapan - 10 menit
1. Di rumah, siswa terlebih dahulu
menonton video yang diportal rumah belajar, lalu menonton kembali di sekolah bersama (karena
tidak semua siswa memiliki smart phone):
Langkah 2: Pelaksanaan - 40 menit
1. Di sekolah, guru bertanya apakah
siswa sudah menonton video yang disediakan.
2. Siswa menjelaskan deskripsi video
tersebut.
3. Siswa memberikan pendapat
tentang fungsi tumbuhan bagi manusia setelah menonton video yang disediakan.
4. Siswa memilih berdiskusi dan mencari
informasi di buku tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
5. Siswa membuat hasil diskusi tentang fungsi tumbuhan bagi
manusia dengan membuat
poster
6. Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya
7. Siswa yang lain diminta untuk mereview memperhatikan dan memberikan pertanyaan / komentar (saling menghargai)
8. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya
kepada guru.
9. Siswa mengisi lembar
kerja yang dibagikan guru.
Langkah 3: Tindak Lanjut - 10 menit
1. Guru dan siswa melakukan review atau kesimpulan pembelajaran.
2. Siswa mengerjakan soal
evaluasi yag diberikan oleh guru
3. Guru bersama siswa
melakukan refleksi hari ini baik dalam materi yang belum dipahami siswa atau
ajakan guru untuk merenungkan manfaat pembelajaran hari ini seperti:
·
Dalam kehidupan sehari-hari, apa saja yang bisa kita lakukan pada
fungsi
tumbuhan bagi manusia?
4. Guru menindaklanjuti
hasil refleksi dan melaksanakan kegiatan belajar tindak lanjut yang dilakukan
mandiri dengan mengakses portal rumah belajar dan mencari materi yang berkaitan dengan fungsi tumbuhan bagi
manusia.
Kegiatan Penutup - 5 menit
1. Tentang rapat rencana
pertemuan berikutnya.
2. Kegiatan ditutup dengan doa bersama.
G. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
1. LCD dan laptop 2. Slide powerpoint 3. Kertas karton 4. Alat mewarna
G.
Sumber Belajar
1. Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas
VI, Cetakan Ke-2 (edisi Revisi 2018), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Jakarta: 2018. 2. Sumber Belajar
a. Video youtube: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/deeaa19f3143412dba903faef11b5e89
Komentar
Posting Komentar