Langsung ke konten utama

Contoh RPP Flipped Classroom Kelas IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      :  SD
Kelas / Semester          :  4 (Empat) /1 (Ganjil)
Materi                          :  Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia
Alokasi waktu             :  2 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI

1.             Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.             Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.             Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.             Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan

C.    TUJUAN
Dengan mengamati video pembelajarana dari rumah belajar siswa mampu mengetahui fungsi tumbuhan bagi manusia:
   
D.    MATERI
 Fungsi Tumbuhan Bagi Manusia

E.     PENDEKATAN & METODE
Flipped classroom
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal  (10 menit)
1.      Pelajaran dibuka dengan guru memberi salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik berdoa dipimpin oleh salah satu siswa
2.      Guru menerima peserta didik dan mengisi lembar undangan.
3.      Mengondisikan peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan membuka kerapihan, kebersihan, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
4.      Guru bersama siswa menyanyikan lagu nasional "Satu Nusa Satu Bangsa"
5.      Siswa membaca 1 buku yang ada di pojok baca selama 10 menit (membudayakan literasi)
6.      Siswa mengingat kembali tentang materi pada pembelajaran sebelumnya.
7.      Tujuan penyelesaian pembelajaran akan menjelaskan tentang membahas fungsi tumbuhan bagi manusia.


Kegiatan Inti
Langkah 1: Persiapan - 10 menit
1.      Di rumah, siswa terlebih dahulu menonton video yang diportal rumah belajar, lalu menonton kembali di sekolah bersama (karena tidak semua siswa memiliki smart phone):

Langkah 2: Pelaksanaan - 40 menit
1.      Di sekolah, guru bertanya apakah siswa sudah menonton video yang disediakan.
2.      Siswa menjelaskan deskripsi video tersebut.
3.      Siswa memberikan pendapat tentang fungsi tumbuhan bagi manusia setelah menonton video yang disediakan.
4.      Siswa memilih berdiskusi dan mencari informasi di buku tentang fungsi tumbuhan bagi manusia
5.      Siswa membuat hasil diskusi tentang fungsi tumbuhan bagi manusia dengan membuat poster
6.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
7.      Siswa yang lain diminta untuk mereview memperhatikan dan memberikan pertanyaan / komentar  (saling menghargai)
8.      Siswa mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru.
9.      Siswa mengisi lembar kerja yang dibagikan guru.


Langkah 3: Tindak Lanjut - 10 menit
1.      Guru dan siswa melakukan review atau kesimpulan pembelajaran.
2.      Siswa mengerjakan soal evaluasi yag diberikan oleh guru
3.      Guru bersama siswa melakukan refleksi hari ini baik dalam materi yang belum dipahami siswa atau ajakan guru untuk merenungkan manfaat pembelajaran hari ini seperti:
·         Dalam kehidupan sehari-hari, apa saja yang bisa kita lakukan pada fungsi tumbuhan bagi manusia?
4.      Guru menindaklanjuti hasil refleksi dan melaksanakan kegiatan belajar tindak lanjut yang dilakukan mandiri dengan mengakses portal rumah belajar dan mencari materi yang berkaitan dengan fungsi tumbuhan bagi manusia.


Kegiatan Penutup - 5 menit
1.      Tentang rapat rencana pertemuan berikutnya.
2.      Kegiatan ditutup dengan doa bersama.


G. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
1. LCD dan laptop 2. Slide powerpoint 3. Kertas karton 4. Alat mewarna


G.    Sumber Belajar

1. Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas VI, Cetakan Ke-2 (edisi Revisi 2018), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2018. 2. Sumber Belajar a. Video youtube: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/deeaa19f3143412dba903faef11b5e89

Komentar